Service Ac Surabaya(Perhitungan Kebutuhan Ac Rumah)


PERHITUNGAN KEBUTUHAN AC RUMAH
Jika kita hitung secara teori yang diajarkan di sekolah dulu, bulan ini seharusnya sudah memasuki musim penghujan, tetapi kenapa di Surabaya tak kunjung hujan juga. Udara diluar sangat panas sekali disiang hari, dan efeknya, didalam rumah juga sangat panas. Padahal kami sekeluarga, sudah terbiasa dengan suhu Surabaya yang terkenal panas ini. Namun entah mengapa, suhu pada akhir – akhir ini terasa panas sekali ..?
Jika anda semua, mengalami hal sama dengan kami, mungkin yang terpikirkan dibenak kita adalah AC ( air conditioner ). Pendingin ruangan pada suhu yang sangat panas ini terasa vital rasanya. Jika kondisi seperti ini, bisa jadi kebutuhan air conditioner alias pendingin ruangan seperti akan halnya handphone, bak kacang goreng, yang renyah dan nikmat untuk dinikmati. Ehm, bener nggak ya ..?

AC Ruangan
Ada satu permasalahan, berapa besar dan jumlah ac yang kita butuhkan di rumah agar orang rumah bisa merasakan kenyamanan di suhu yang panas. Rasanya tak perlu berkonsultasi dengan ahli penata udara atau apalah yang ahli dibidang ini. Kita sebagai orang awam, biarpun tidak 100% valid, namun dapat dijadikan acuan dasar untuk menghitung kebutuhan dasar pendingin udara.  Ingat ini cara yang sederhana, ditujukan untuk orang awam. So jangan merasa akan menjumpai rumus yang rumit dan jlimet. Jangan tertawa jika terlalu sederhana dan kelihatan bodoh ya .. yang penting bisa..!
Dalam dunia penata udara, dikenal istilah BTU ( British Thermal Unit ). BTU adalah satuan kebutuhan pendinginan udara dalam suatu ruangan. Ada pula dikenal istilah PK ( mungkin yang ini lebih familiar ditelinga kita ), adalah satuan dalam BTU/hr. Beberapa koefisien dan requirement yang dibutuhkan adalah luas ruangan dan koefisien kebutuhan pendingin udara untuk tiap meter persegi ( dalam satuan BTU pada umumnya ).
  1. Kita hitung luas ruangan yang akan dipasang ac, semisal adalah 3×2.5 meter. Maka akan ditemukan luas ruangan adalah 7.5 meter persegi.
  2. Koefisien / standard panas dalam ruangan : 500 BTU/hr.
  3. Kalikan hasil perhitungan pada item no.1 dan no.2, maka akan didapatkan hasil : 3750 BTU/hr.
  4. Konversikan hasilnya dengan standard bahwa 1 PK setara dengan 9000 BTU/hr. Maka didapatkan hasil : 0,4167 PK.
  5. Dari hasil konversi pada perhitungan no.4, kita jadikan dasar untuk pembelian ac yang ada dipasaran. Ingat, dipasar sekarang ac terkecil adalah 0.5 PK, kemudian ¾ PK, 1 Pk dan seterusnya. Yang perlu diingat juga bahwa ac yang kita beli harus diatas dari hasil perhitungan diatas, jangan sekali – kali membeli dengan kapasitas dibawah perhitungan diatas.
  6. Jadi dari hasil diatas, kita bisa ambil keputusan, bahwa ac yang kita beli adalah ac 0.5 PK.
Nah, satu tugas telah selesai kita lakukan dalam usaha memberikan kenyamanan pada anggota keluarga di rumah pada suhu udara yang panas dan tidak nyaman ini. Dipasaran, sekarang terdapat ac dengan kebutuhan daya yang rendah, Low Wattage kali istilahnya ..? Bener nggak sich ..? Usahakan mencari pendingin udara yang menggunakan tehnik inverter dalam usaha mengurangi dan menekan kebutuhan daya listrik. Jangan membeli ac / pendingin udara yang rendah daya listrik yang dibutuhkan, tetapi dengan cara mengurangi kemampuan dan kecepatan dalam mendinginkan udara. Jadi boros dan efisien jadinya .., So selamat bereksperimen …

Service Cold Storage Surabaya

Service Cold Storage Surabaya Apakah Anda mengalami masalah dengan mesin Cold Storage anda? Apakah mesin Cold Storage Anda kuran...